Jumat, 23 September 2011

Sex Bebas, 95 Pelajar Di Bali Terjangkit HIV/AIDS...

DENPASAR- Sebanyak 95 remaja di Bali positif terjangkit virus HIV/AIDS. Sebagian besar tertular melalui hubungan seksual. Fakta memilukan tersebut merupakan hasil penelitian terakhir 2011 yang dilansir Komisi Penanggulangan Daerah (KPAD) Provinsi Bali.

“Kelompok usia 15-19 tahun yang terjangkit HIV/AIDS berjumlah 95 orang merupakan kelompok usia pelajar,” ujar dr Made Oka Negara, pengajar Andrologi dan Seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kepada wartawan di Denpasar, Senin (30/5/2011).

Sementara, penyebab penularan HIV/AIDS dari jarum suntik atau IDU cendrung menurun. Penyebab melalui hubungan seksual justru bertambah.

Menurut dia, secara golongan usia maka bisa disimpulkan bahwa tingkat SMP sudah terkena HIV/AIDS.

Oka memaparkan, kelompok usia pelajar yang masih tergolong remaja, sangat rentan terhadap ancaman HIV/AIDS. "Mereka secara psikologis sangat labil sehingga mudah terpengaruh hal-hal yang berbau negatif seperti narkoba dan perilaku seks bebas,” bebernya.

Karena itu, remaja perlu dibekali informasi yang tepat dan hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak, yakni pemerintah, orangtua, guru, serta kalangan LSM.

“Remaja perlu dibentuk sebagai pribadi mandiri dan bertanggung jawab agar bisa memilah dan memilih mana hal yang baik dan benar,” ujar Oka yang juga konselor dan dokter klinik Remaja Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bali.

Fakta lain yang tak kalah mencengangkan, lanjut Oka, pihaknya pernah menemukan kasus kelompok pelajar SMP yang sudah aktif melakukan hubungan seksual setiap pekannya secara rutin dengan mendatangi lokalisasi.

“Ada yang mengaku sebelum berangkat sekolah pada pagi hari pergi ke lokalisasi untuk berhubungan seksual dengan PSK,” ucapnya. Ada istilah populer di kalangan mereka yakni mencari perawan alias PSK yang belum melayani pelanggan lain karena masih pagi hari.

Ironisnya lagi, para PSK juga tetap saja melayani mereka dan tidak mempedulikan apakah pelanggan mereka masih berstatus pelajar atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar